Info Sekolah
Sabtu, 20 Feb 5582
  • Selamat datang di web Alfaradis.com.
  • Selamat datang di web Alfaradis.com.
25 Februari 2023

Kajian Islam Malam Ahad

Sab, 25 Februari 2023 Dibaca 60x Informasi / Kegiatan Santri

Pada Sabtu Malam, yang cerah dengan kilauan bintang yang bertebaran di langit menghiasi seluruh alam jagat raya. Bertepatan pada tanggal 25 Februari 2023 kami santriwan-santriwati Dar Al-Faradis kembali berkumpul di Masjid Al-Marzuqoh setelah melaksanakan Sholat Isya Berjamaah bersama Pimpinan Pondok Pesantren Modern Dar Al-Faradis.

Perkumpulan diawali dengan membaca surah Yasin bersama-sama, yang dipimpin langsung oleh Al-Ustadz dr.Anwarusysyamsy Alfarozy M.M. kemudian dilanjut dengan pembahasan tentang pakaian ketika Sholat. Mulai dari Baju, Sarung, Peci, Sajadah, Mukenah, dan sebagainya yang digunakan ketika kita sholat. Bahwasannya apa yang kita pakai ketika melaksanakan Sholat harus halal dan baik. Bukan hasil mencuri dan sebagainya yang diperoleh dari jalan yang haram. Allah SWT itu Maha baik, dan tidak akan menerima kecuali yang baik. Hal ini tertera pada Hadits ke-10 Arbain nawawi.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً

  وَإِنَّاللهَ أَمَرَ المُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ المُرْسَلِيْنَ فَقَالَ {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا} وَقَالَ تَعَالَى {يَا أَيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ: يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌوَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ

Dari Imam Muslim Radhiyallahu ‘Anhu beliau meriwayatkan dari Abu Hurairah, “Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik-baik saja. Dan sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman sebagaimana dia telah  emerintahkan kepada para Rasul. Maka Allah berfirman: “Wahai para Rasul makanlah dari yang baik-baik dan beramallah yang shalih”. Sementara kepada orang-orang yang beriman Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman makanlah dari kebaikan apa yang telah Kami berikan kepada kalian sebagai rezeki.” Kemudian Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan ada seorang pria yang melakukan perjalanan jauh, pakaiannya kusut masai dan berdebu. Dia mengangkat tangannya ke langit mengatakan, ‘Wahai Tuhanku, Wahai Tuhanku.’ Sementara makanannya haram, minumannya haram, makanan tambahannya juga haram. Maka bagaimana orang tersebut bisa dikabulkan doanya.” (HR. Muslim)  

                                    

  Shalat  Sholat merupakan rukun islam yang ke-2 dan amalan yang pertama kali dihisap pada saat hari kiamat. Jika seseorang melakukan sholat dengan benar maka ia telah beruntung. Sesuai hadist Nabi saw:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ جَبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ:أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُحَاسَبُ بِصَلَاتِهِ، فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَوَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasaaallam bersabda: “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi.’’

   Seseorang sebelum melakukan sholat harus terlebih dahulu mengetahui apa saja rukun sholat, karena jika orang tersebut meninggalkan salah satu rukun shalat dengan sengaja, maka shalat itu menjadi batal dengan sendirinya. Rasulullah saw. telah mengajarkan kepada umatnya tentang shalat yang benar, oleh sebab itu kita harus melaksanakan sholat dengan tertib.

  عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي»، رَوَاهُ البُخَارِيُّ.

Dari Malik bin Al-Huwairits radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalatlah kalian (dengan cara) sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 628 dan Ahmad, 34:157

          Aurat Laki-laki itu dari Pusar sampai lutut, jadi hati-hati yang sholatnya memakai celana barangkali ketika ruku’ bagian belakang kebuka dan sebagainya. Sedangkan Aurat perempuan itu, seluruh tubuh aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Juga ketika sholat dagu bagian bawah harus tertutup mukenah karena itu termasuk aurat yang jarang sekali orang mengetahuinya.

          Ada 2 Amalan yang membuat ibadah kita diterima oleh Allah SWT yaitu,

  1. Ikhlas, yiatu kita beribadah tujuannya hanya untuk Allah SWT.
  2. Sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, baik dari segi amalan lahiriyah maupun dari segi amalan batiniyah.

Akhirnya, selesai sudah perkumpulan kali ini yang ditutup dengan ustadz Anwar mengingatkan kepada seluruh santrinya supaya tidak tidur terlalu malam, karena besok harinya kita akan melaksanakan sholat Tahajjud bersama.

Pembicara : Al-Ustadz Anwarusysyamsi Alfarozy.MM

Penulis : Rizki Dwi Baybakti

               Birru Elbari

Foto : Nawal Huda Alaudin

Supervisi : Al-Ustadz Moh. Faza Khoirunas

         

Artikel Lainnya

Oleh : Faza Khoirunnas

KEWIRAUSAHAAN

Oleh : admin

Hari Santri 2022

Oleh : admin

Tasmi’ Al-Quran

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Info Pesantren

PONDOK PESANTREN DAR AL-FARADIS مَعْهَدُ دَارِ الْفَرَادِيْسِ

NPSN 510033280102
Jl. Muslimat Harjosari Kidul, Adiwerna, Tegal
TELEPON 081542427900
EMAIL yayasan.alfaradis@gmail.com

PONDOK PESANTREN DAR AL-FARADIS.

BEDIRI DIATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

SMP IT BERBASIS PESANTREN DAAR AL-FARADIS | TERAKREDITASI "B" DAN DITETAPKAN SEBAGAI SEKOLAH PENGGERAK | NPSN: 69917533

MADRASAH ALIYAH (MA) DAR AL-FARADIS | NSM: 131233280018

Alamat: Jl. Muslimat Harjosari Kidul, Rt.8 Rw.6, Adiwerna, Tegal. 52194. Jawa Tengah